Ikan Lele, Baik Atau Burukkah Untuk Di Konsumsi?

Sebuah pertanyaan yang sungguh dilematis bagi para penggemar makanan ikan lele. Ikan yang merupakan makanan yang banyak disukai orang Indonesia ini, hamper dijumpai di kedai-kedai makanan, variasi menunya pun banyak, ada yang dibuat pepes, ada yang dibuat penyetan, selera ini tergantung anda, manakah yang anda lebih sukai.

Ikan ini termasuk jenis yang banyak dibudidayakan di air tawar, selain itu lele ini juga banyak ditemukan di rawa-rawa, danau, air yang berlumpur dan sungai-sungai. Ikan yang mempunyai ciri khas patil atau alias berkumis ini memiliki gesture tubuh yang lonjong, mempunyai warna kulit hitam kecoklatan, hingga yang keabu-abuan.

bahaya ikan lele

Dengan maraknya peredaran ikan lele ini, maka perlu untuk mengetahui suatu pengetahuan akan hal ikan lele ini, seperti halnya manfaatnya dan juga bahayanya. Kapankah kita akan mengkonsumsi ikan ini dan kapankah kita menghindari memakan ikan ini, maka diperlukan pengetahuan untuk mengetahuinya. Untuk itu kami akan menerangkan pada tulisan kali ini tentang manfaat yang baik dan buruk dari ikan lele, agar anda bisa dapat kesimpulan sesuai dengan keadaan pembaca masing-masing.

MANFAAT IKAN LELE

Membantu Perkembangan Otak

Bagian yang cukup penting dalam organ manusia yaitu otak, otak ini yang memberikan sinyal-sinyal kepada anggota tubuh agar ia bergerak sesuai perintah dari otak. Kecerdasan seseorang juga dipengaruhi oleh kesehatan otak, jika otaknya tidak bekerja dengan baik, maka tumpullah kecerdasan seseorang itu.

Ikan lele memiliki jenis kandungan Omega 3 dan Vitamin A yang tinggi, yang memiliki peran untuk perkembangan otak. Selain itu lele juga memiliki kandungan 25 asam amino yang tinggi yang berperan untuk mengirimkan pesan-pesan melalui peredaran darah ke dalam otak satu ke sel otak lainnya.

Membantu Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat akan memberikan peredaran darah yang sempurna ke dalam seleuruh tubuh. Dalam ikan lele ini terdapat Omega 3 dan juga Kalium yang sangat bagus untuk menunjang kesehatan jantung.

Selain ikan lele, anda juga harus mengatur pola makanan anda, agar tidak terserang penyakit jantung ini, jika ingin mengkonsumsi ikan lele ini sangat bagus jika direbus dan jangan digoreng, hal ini diperlukan agar anda tidak terkena kolesterol dan makanan yang mengandung serat tinggi agar pencegahan dari penyakit jantung bisa sempurna.

Membantu Melancarkan Sistem Saraf

Daging ikan lele, termasuk ikan yang memiliki kandungan kaya Vitamin B12, vitamin ini dibutuhkan untuk kesehatan sisitem saraf. Jika sistem saraf ini terganggu maka yang terjadi adalah gagalnya perintah-perintah otak ke anggota tubuh yang terjadi ganggungan pada saraf yang terhubung.

Membantu Program Diet Anda

Jika anda sedang melakukan diet berat badan, maka ikan lele termasuk makanan yang dianjurkan anda konsumsi. Karena ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, karbohidrat dan lemaknya sangatlah sedikit dibandingkan ikan lainnya. Sangat bagus sekali jika dikonsumsi untuk keseimbangan tubuh.

Rekomendasi Makanan Ibu Hamil

lele untuk ibu hamilSelain manfaat diatas, ternyata ikan lele sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil, hal ini dikarenakan kandungan fosfor yang dimiliki ikan lele. Fosfor ini sangat berperan dalam pembentukan tulang janin.

Kandungan Omega-3 dalam ikan lele ini setara dengan ikan laut seperti ikan cod, udang dan tuna. Ikan lele yang memiliki bobot 3 ons, mengandung sekitar 0.22-0.3 gram Omega-3. Dan dalam proses kehamilah Omega-3 memiliki peran untuk perkembangan saraf janin, bahkan menurut sebuah penelitian Omega-3 ikan lele ini bisa mengurangi alergi pada bayi. (sumber ; Infomanfaat.com)

Vitamin B12, mengkonsumsi ikan lele dg berat 3 ons sudah hampir mencukupi kebutuhan 100% Vitamin B12 pada tubuh. Menurut Ilmuwan Irlandia kekurangan Vitamin B12 pada ibu hamil akan memiliki resiko untuk melahirkan bayi yang cacat tabung saraf atau neural tube defects. (sumber; infomanfaat.com)

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dalam ikan lelelah yang memiliki peran penting dari pengutan tulang dan gigi ini, selain itu fosfor ini berguna sekali pada pembentukan tulang dan janin.

Kekurangan fosfor pada kaum dewasa baik laki-laki atau wanita akan mengakibatkan penyakit keropos tulang (osteoporosis)

Membantu Penyembuhan Luka

Protein yang tinggi banyak dijumpai pada ikan tawar yakni, sekitar 80%. Disamping itu ikan lele sendiri memiliki kadar protein sekitar 20%.

Ini menunjukkan, dalam 3 ons ikan lele mengandung sekitar 15,7 gram protein. Dengan jumlah tersebut sudah bisa memenuhi sekitar 34% kebutuhan protein bagi wanita dan sekitar 28% kebutuhan protein pada pria.

Peran protein sangat penting bagi tubuh sangat baik untuk mempercepat pemulihan luka dan pembentukan otot tubuh. (sumber; Hamil.co.id)

BAHAYA IKAN LELE

Jika mengkonsumsi makanan, keseimbangan tubuh harus diperhatikan. Seperti halnya memakan ikan lele ini, ikan lele sebenarnya aman untuk dikonsumsi, tetapi akan menjadi bahaya jika ikan lele ini dikonsumsi secara berlebihan. Maka gunakan dan makan ikan lele secukupnya saja dan jangan terlalu sering.

Jika dikonsumsi terlalu sering dikhawatirkan akan membuat ketidak seimbangan kadar yang ada di dalam tubuh, dan kandungan tersebut mengendap tak dapat diolah oleh sistem pencernaan sehingga timbullah sebuah penyakit.

Dalam mengkonsumsi ikan lele yang aman, hendaklah pilih ikan yang segar dan sehat. Cirri-cirinya adalah :

  1. Tidak berjamur
  2. Warna cerah
  3. Daging padat dan tidak empuk

Selain itu didalam ikan lele biasanya banyak terdapat bakteri E Coli, bakteri ini muncul karena ikan lele yang terbiasa memakan makanan yang kotor. Tetapi jangan khawatir bakteri ini bisa mati dengan cara pengolaan yang tepat, yaitu pastikan anda memasak ikan lele ini dengan suhu yang panas. Karena bakteri ini tidak bertahan di suhu panas.

Pada era sekarang ini, banyak budidaya ikan lele bermunculan, teknologi tepat guna dan tepat pangan sangat berperan dalam menghasilkan ikan lele yang berkualitas dan segar serta sangat aman untuk dikonsumsi.

Seperti halnya budidaya ikan pada kolam terpal dan pemberian suplai makanan yang baik yang lebih tepat guna, dan managemen sistem peternakan ini jika diterapkan akan menghasilkan kualitas ikan lele yang baik bahkan memenuhi standrat internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s